PENYULUHAN KESEHATAN TENTANG TUMBUH KEMBANG GIGI DAN HIGINE PER ORAL (MENGOSOK GIGI) SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN KARIES GIGI DI POSYANDU CEMPAKA, DUSUN BONOREJO, DESA PLESUNGAN

Dheny Rohmatika
dhenyr82@gmail.com
STIKes Kusuma Husada Surakarta

_____________________________________________________________________________________________

ABSTRAK
Melaporkan bahwa prevalensi karies gigi di Indonesia adalah sebesar 46,5 (Riskesdas, 2007), Data tersebut menunjukkan bahwa prevalensi karies cenderung meningkat seiring dengan bertambahnya umur yang berarti adanya kecenderungan penurunan status kesehatangigi dengan meningkatnya umur. Maka perlu dilakukan tindakan pencegahan dan perawatan sedini mungkin, Berdasarkan wawancara dengan bidan didapatkan masalah pada gigi anak di Posyandu Cempaka Dusun Bonorejo yaitu masalah karies gigi.
Tujuan umum setelah diberikan penyuluhan diharapkan akan meningkatkan pengetahuan, mengerti tentang tumbuh kembang gigi dan dapat melakukan apa yang di edukasikan.
Metode pelaksanaan, Lokasi dan tempat pelaksanaan di Posyandu Cempaka, Dusun Bonorejo pada bulan November 2017- Februari 2018. Untuk metode penyuluhan yang digunakan dengan cermah, diskusi demonstrasi dan praktik mengosok gigi.
Hasil Kegiatan pada tanggal 25 November 2017 dan monitoring mulai tanggal 26 Desember 2017-26 Februari 2018, Ibu balita menjadi lebih mengetahui tentang Tumbuh Kembang Gigi dan Hygene per Oral (Menggosok gigi) dengan nilai rata-rata setelah dilakukan evaluasi 90%.
Kesimpulan Dari hasil pelaksanaan pembinaan dan penyuluhan ibu balita menjadi lebih mengetahui tentang Tumbuh Kembang Gigi dan Hygene per Oral (Menggosok gigi) dengan nilai rata-rata pengetahuan tentang penyuluhan 90%,

 

DOKUMENTASI PELAKSANAAN KEGIATAN

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.