Dosen Universitas Kusuma Husada Surakarta Raih Pendanaan Penelitian Dosen Pemula Tahun 2023 dari Kemdikbudristek

Kabar menggembirakan datang dari Universitas Kusuma Husada Surakarta. Tim Dosen dari Prodi Kebidanan Program Sarjana (Aris Prastyoningsih & Wijayanti) dan Prodi Farmasi Program Sarjana (Agnes Prawistya Sari), Universitas Kusuma Husada Surakarta berhasil meraih Hibah Penelitian Dosen Pemula (PDP) 2023 melalui penelitian dengan judul “Penatalaksanaan Pemberian Kompres Lidah Buaya (Aloe Vera) dan Back Massage Terhadap Pembengkakan Payudara Pada Ibu Nifas”. Selain tim dosen, penelitian ini juga melibatkan 2 mahasiswa dari Prodi Kebidanan Program Sarjana (Berliana Bethananta Aji & Linda Parwati) dan 1 mahasiswa Prodi Farmasi Program Sarjana (Ressa Anif Nurlita).

Penelitian dimulai dengan koordinasi antara tim dosen dengan mahasiswa. Dalam pelaksanaan penelitian ini juga menggandeng mitra yaitu Klinik Sang Timur Klaten dan melibatkan kader kesehatan sebagai enumerator penelitian. Penelitian diawali dengan melakukan uji tanaman di Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional (B2P2TOOT) Tawangmangu.

Penelitian telah selesai dilaksanakan di wilayah kerja Klinik Sang Timur Klaten dengan 30 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompres lidah buaya kombinasi back massage efektif untuk penanganan pembengkakan payudara dengan p value 0,000. Program hibah ini diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui BIMA (bima.kemdikbud.go.id). Keberhasilan ini menunjukkan komitmen dan dedikasi para dosen terhadap pengembangan penelitian di bidang akademik. Universitas Kusuma Husada Surakarta berkomitmen untuk terus mendukung para dosen dalam menyelenggarakan dan mengembangkan penelitian berkualitas dan inovatif yang mendukung pengembangan ilmu pengetahuan.

 
Dokumentasi Pelaksanaan Hibah PDP Kemdikbudristek Tahun 2023 – Aris Prastyoningsih & Tim

Leave A Reply

Your email address will not be published.