UPAYA PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG PENTINGNYA ASUPAN SAYUR DAN BUAH KEPADA ANAK SEJAK USIA DINI DI POSYANDU PERUM MUTIARA, BLEMBEM, PLESUNGAN GONDANGREJO, KARANGANYAR

Agnes Sri Harti
STIKes Kusuma Husada Surakarta

agnessriharti@yahoo.com

Asupan sayur dan buah sejak dini memberikan manfaat kesehatan pencernaan yang memadai untuk anak demi meningkatkan daya serap terhadap nutrisi dan fungsi daya tahan tubuh terhadap berbagai penyakit di masa yang akan datang. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat adalah setelah mendapatkan penyuluhan diharapkan warga di Ibu-ibu di Posyandu Perum Mutiara, Blembem, Plesungan Gondangrejo Karanganyar dapat memahami tentang pentingnya asupan sayur dan buah bagi anak sejak usia dini.
Metode pelaksanaan dengan ceramah, tanya jawab dan demonstrasi tips menambahkan sayur dan buah dalam menu makanan Balita. Tahapan kegiatan meliputi pertemuan lintas sektoral Puskesmas bersama Tim Pelaksana, koordinasi dengan kader Posyandu Balita, Persiapan alat dan materi, dan pelaksanaan kegiatan, monitoring dan evaluasi. Kesimpulan setelah dilakukan kegiatan pengabdian masyarakat maka peserta ibu warga Posyandu Balita Perum Mutiara, Blembem, Plesungan, Gondangrejo,Karanganyar mengikuti kegiatan pengabdian kepada masyarakat secara antusias ikut berpartisipasi dan peran serta dalam kegiatan penyuluhan kesehatan. Hal ini ditunjukkan 90% peserta memberikan respon aktif melalui kegiatan tanya jawab dan diskusi pentingnya asupan sayur dan buah kepada anak sejak usia dini.

 

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.