DOSEN PRODI ADMINISTRASI RUMAH SAKIT UNIVERSITAS KUSUMA HUSADA SURAKARTA MELAKUKAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT “SOSIALISASI DAN PEMBAGIAN SUPLEMEN PENINGKAT DAYA TAHAN TUBUH MASA PANDEMIK COVID-19 DI PUCANGSAWIT SURAKARTA” (Anggi Napida Anggraini, S. Kep., Ns., MMR)

Hingga saat ini Covid-19 setidaknya telah membunuh 211,534 jiwa manusia diseluruh dunia. Sedangkan di Indonesia sendiri penambahan jumlah pasien positif terus naik. Kasus meninggal banyak tejadi pada kelompok usia sekitar 60 tahun, antar 41-80 tahun, dan beberapa di antaranya di atas 61 ke arah 80 tahun. Orang lanjut usia masih menjadi kelompok yang paling berisiko mengalami gejala parah atau kematian virus corona yang kini menyebar di seluruh dunia. Tingkat kematian akibat Covid-19 dipercaya berhubungan dengan umur dan penyakit bawaan. Sementara proses pemulihan pasien dikaitkan dengan kekuatan sistem imun melawan infeksi virus SARS-CoV-2. Abdimas ini memberikan Vitamin C yang juga salah satu fungsinya adalah meningkatkan dan menjaga daya taha tubuh terutama lansia yang telah mengalami penurunan fungsi tubuh.

Pengabmas ini merupakan kegiatan wajib yang dilaksanakan pada Tahun ajaran ganjil 2019/2020 yang dilaksanakan oleh dosen program studi Administrasi Rumah Sakit Universitas Kusuma Husada Surakarta yang berfokus pada peningkatan pengetahuan tentang suplemen yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh lansia, selin peningkatan pengetahuan, pengabmas ini membagian paket suplemen bagi lansia untuk tetap sehat dan memiliki daya tahan tubuh yang baik. Pengabmas ini dilakukan Di Pucangsawit RT 01 Rw 05, Pucangsawit, Jebres, Surakarta pada 7 Februari 2020 dengan melibatkan 22 lansia dan dilakukan secara mendatangi rumah ke rumah, dikarenakan sedang pandemic sehingga belum diperbolehkannya kegiatan yang bersifat mengumpulkan masyarakat.

Kegiatan pengabmas terlaksana dengan baik, dan lansia mayoritas sangat antusias mendapatkan materi dan paket suplemen yang diberikan, serta berdasarkan hasil evaluasi yang telah dilakukan, terjadi peningkatan pengetahuan lansia dari 77,2% menjadi 89,4%. Ketua RT 01 RW 05, Bapak Slamet Waluyo menghaturkan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan pengabmas ini, Pengabmas ini diharapkan terus dapat dilaksanakan agar pemanfaatannya dapat dirasakan oleh semua lapisan masyarakat.

 

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.