Upaya Peningkatan Pengetahuan Ibu Balita Melalui Gerakan Keluarga Sadar Gizi (KADARZI) Oleh : Sri Nurul Kur’aini, S.KM, M.Kes (Dosen Prodi Administrasi Rumah Sakit Program Sarjana)

Dalam rangka mengimplementasikan salah satu poin dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat, Dosen S1 Administrasi Rumah Sakit Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kusuma Husada Surakarta melakukan kegiatan penyuluhan dan pemberian edukasi kepada ibu balita di RT 01 RW 05 Pucang Sawit, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta. Kegiatan ini mengusung tema “Upaya Peningkatan Pengetahuan Ibu Balita Melalui Gerakan Keluarga Sadar Gizi (KADARZI)” diselenggarakan dari tanggal 23 Januari 2020 sampai tanggal 21 Februari 2020 dengan berkoordinasi bersama kader dan aparat kelurahan di lingkungan Pucang Sawit RT 01 RW 05 untuk membantu berjalannya proses kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi dan pemahaman kepada seluruh ibu yang memiliki balita tentang KADARZI.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan di RT 01 RW 05 Pucang Sawit ini memberikan efek yang sangat baik terhadap pegetahuan ibu balita dimana terdapat peningkatan dari 15% menjadi 90% dari total ibu balita yang mengikuti kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini. Tingkat pengetahuan ibu balita ini diukur melalui kuesioner pre dan post test yang dibagikan di awal penyuluhan dan di akhir penyuluhan. Kegiatan ini juga telah dapat berlangsung dengan baik dan tidak ditemukan kendala. Hanya saja karena situasi saat ini yang masih dalam masa pandemi maka kegiatan penyuluhan dilakukan secara door to door ke setiap rumah warga. Sebagian besar ibu balita menunjukkan respon yang positif saat dilakukan kunjungan rumah. Ibu balita juga sangat antusias dan aktif mengajukan pertanyaan terkait materi penyuluhan yang diberikan. Pada saat monitoring dan evaluasi, ibu balita dengan antusias menceritakan perubahan perilaku yang dilakukan baik oleh ibu itu sendiri maupun oleh anak.

Kemudian di akhir penyuluhan, ada pembagian souvenir kepada para peserta sebagai bentuk terima kasih karena telah berpartisipasi dan berkontribusi dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini. Selain itu, pemberian bantuan sosial berupa handsanitizer kepada Ketua RT yang dapat digunakan untuk masyarakat di RT 01 RW 05 Pucang Sawit. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan para keluarga ke depannya mampu menerapkan Gerakan Keluarga Sadar Gizi (KADARZI) demi mewujudkan status gizi menjadi lebih baik dan derajat kesehatan setinggi-tingginya. Selain itu, diharapkan mampu menambah pengetahuan dan pemahaman ibu balita tentang KADARZI, mendorong peran serta ibu balita dan menumbuhkan kesadaran ibu balita dalam perbaikan gizi balita.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.