PENDIDIKAN BERWIRAUSAHAAN DALAM PERKEMBANGAN INDUSTRI 4.0 oleh Muh. Husin Nur Muzzaki, SE., MM. (Dosen Prodi Bisnis Digital UKH Surakarta)

Dosen Prodi Bisnis Digital Universitas Kusuma Husada Surakarta (UKH) melakasanakan kegiatan pengabdian tentang Pendidikan kewirausahaan dalam dunia industri 4.0 di MAN 1 Surakarta. Pada kegiatan kali ini merupakan serangkaian kegiatan program Pengabdian Kepada Masyarakat di semester genap Ta 2019/2020. Dalam kegiatan pengabdian kali ini berbeda dengan pengabdian yang sebelumnya dilaksanakan di UKH yakni kegiatan ini dilaksanakan bukan lagi dilaksanakan di lingkungan Kesehatan melainkan beralih ke dunia Pendidikan utamanya dilakukan di MAN 1 Surakarta. Adapun dalam kegiatan ini diketuai oleh Muhammad Husin Nur Muzakki, kegiatan ini dilakukan untuk menjalin kedekatan antar tenaga dosen di UKH dengan pendidik utamanya adalah guru MAN 1 Surakarta untuk memberikan Pendidikan Kewirausaha dalam perkembangan dunia dengan industri 4.0.

 

Ngobras pada kali ini membahas tentang bagaimana saat ini kemudahan teknologi informasi digunakan dalam mendukung kelancaran kegiatan bisnis yang dimiliki oleh para pengajar di lingkungan MAN 1 Surakarta, kemudahan disini yakni untuk menciptakan peluang bisnis bagi pelaku bisnis, tidak memiliki batasan waktu dalam bertransaksi maupun berkomunikasi antara penjual dan pembeli, dan memiliki jangkauan pasar yang luas semua golongan bisa mengakses bisnis tersebut. Adapun tim pengabdian UKH hadir di lingkungan MAN 1 Surakarta memberikan edukasi tentang perubahan pola pikir saat ini yang mudah dan akses mudah digunakan, selain itu juga tim pengabdian UKH memberikan gambaran atau tutorial terkait dengan penggunaan platform digital atau E-Commerce dalam menyongsong industri 4.0, platform digital disini bisa seperti wadah jual beli di facebook, Instagram, whatsapp, line dan youtube. Sedangkan platform E-Commerce bisa seperti Tokopedia, Shoppe, bukalapak, blibli.com, Lazada dll

 

Terpisah Wakil Kepala Sekolah Bapak Wardimin mengungkapkan terimakasih kepada tim pengabmas UKH. Beliau mengemukakan bahwa kegiatan pengabdian ini merupakan kegiatan hal yang positif di lingkungan MAN 1 Surakarta serta topik yang dibawakan menarik karena dengan ini kita mampu memberikan bekal tentang edukasi kewirausahaan dalam menyongsong perkembangan industri 4.0 kepada tenaga pendidik diharapkan kelak apa yang didapat dalam kegiatan pengabidan tersebut dapat disalurkan ilmu tersebut kepada siswa – siswi yang ada di lingkungan MAN 1 Surakarta agar mampu bersaing dalam arus perkembangan di Industri 4.0 adapun kegiatan tersebut dapat berjalan dengan baik dan lancar.

 

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.