Edukasi E-Commerce dan Pendidikan Berwirausaha Untuk Para Siswa Menengah Atas Negeri 1 Seyegan Melalui Buletin dan Google From oleh Septylyta Rahmita Putri, SE., MM. (Dosen Prodi Perdagangan Internasional UKH Surakarta)

Kemajuan revolusi industri sekarang menuntut semua kegiatan berbasis internet. Hal ini berdampak juga pada entrepreneur untuk memperjual belikan produknya di dunia internet baik dalam social media maupun jaringan sederhana hal ini disebabkan oleh mobilitas masyarakat di era revolusi industri 4.0 berbasis digital. Strategi Indonesia dalam meningkatkan perekonomian dengan menumbuhkan entrepreneur muda dimulai dengan usia 14 tahun. Tentunya entrepreneur muda memiliki ide-ide jualan inovatif dan kreatif yang bisa membangun usaha-usaha mikro kecil menengah. Rata-rata usia remaja belum memahami bagaimana entrepreneur memberikan menguntungkan besar bagi perekonomian keluarga. Mereka menganggap bahwa seorang entrepreneur hanya stak pada masa depan yang kurang cerah.

Pesatnya perkembangan di dunia digital dan informasi salah satunya dibuktikan dengan perkembangan telepon seluler atau sering disebut dengat smartphone yang dilengkapi dengan jaringan internet. Dengan perkembangan yang demikian sangat memiliki pengaruh terhadap para pengusaha dalam memasarkan produknya.

Dunia bisnis memiliki peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi dan industri suatu negara terutama bagi negara berkembang. Terobosan baru dalam dunia bisnis di era industri sekarang yakni dengan melakukan pemasaran produk dalam media digital yang saat ini disebut dengan E-Commerce. Dimana semua transaksi jual beli produk dilakukan secara online.

Shim et al (2000) mengemukakan bahwa E-Commerce merupakan suatu konsep atau terobosan baru yang bisa digambarkan sebagai proses jual beli barang atau jasa melalui World Wide Web Internet. Pemasaran digital atau E-Commerce itu sendiri terdapat beberapa media pemasaran yakni Business to Business (B2B), Business to Consumer (B2C), Consumer to Consumer (C2C), dan Consumer to business (C2B).

Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan akan E-Commerce dan berwirausaha di kalangan Siswa SMA N 1 Seyegan sebesar 71,4%.

Dengan perkembangan teknologi yang pesat dan ditambah adanya pengetahuan akan dunia bisnis digital mampu menumbuhkan jiwa seorang enterprenuer muda dikalangan siswa terbukti dengan adanya niat siswa untuk mulai mencoba membuat akun usaha di Shopee.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.