Pengabdian Kepada Masyarakat TA 2020/2021 “PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA DIKALANGAN SISWA – SISWI MAN 1 SURAKARTA UNTUK KEGIATAN PEMASARAN USAHA” oleh Muhammad Husin Nur Muzakki, SE., MM (Dosen Prodi Bisnis Digital, UKH)

Pada kegiatan pengabdian kali ini berbeda dengan kegiatan pengabdian sebelumnya serta materi yang dibawakan juga berbeda dari sebelumnya, peserta dalam kegiatan pengabdian nantinya akan lebih berfokus bagaimana mereka diajarkan dalam pengelolaan Sosisal Media khusunya Instagram guna untuk mendukung kegiatan Pemasaran Usaha dikalangan Siswa – Siswi MAN 1 Surakarta. Kegiatan pengabdian ini diikuti oleh 15 peserta yang masing – masing berasal dari kelas ekstrakulikuler yang ada di MAN 1 Surakarta diantaranya ada ekstrakulikuler kewirausahaan, kewirausahaan tata boga, kewirausahaan tata busana. Berbagai macam kelas ekstrakuliker tersebut diharapkan peserta dapat mengambil berbagai kesempatan diantaranya ilmu, pengalaman, trik yang diberikan oleh penyaji, Adapun kegiatan pelaksanaan pengadian ini di ketuai oleh dosen prodi Bisnis Digital Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kusuma Husada Surakarta yakni Bapak Muhammad Husin Nur Muzakki sekaligus menjadi pemateri pada kegiatan tersebut serta tim dari Prodi Bisnis Digital Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kusuma Husada Surakarta.

Pada penyampaian materi oleh pemateri membuka cakrawala atau pengetahuan kepada siswa – siswi MAN 1 Surakarta dalam penggunaan, mengelola dan serta pemanfaatan sosial media mereka khususnya Instagram mereka untuk kegiatan pemasaran usaha atau bisa disebut dengan kegiatan bisnis, pada kegiatan tersebut pemateri juga memberikan pemahaman kepada peserta pengabdian untuk jangan malu, jangan takut, dan jangan minder dalam kegiatan atau melaksanakan kegiatan pemasaran usaha melalui sosial media khususnya Instagram. Sebelummasukkeintagrampematerimenjelaskansingkatsejauh mana sosial media tersebut dapat memberikan dampak luar biasa untuk kegiatan pemasaran usaha yang diantaranya sosial media digunakan sebagai komunikasi pemasaran, sosial media untuk meningkatkan pangsa pasar, dan sosial media digunakan untuk membangun loyalitas konsumen. Dari berbagai banyak keuntungan tersebut wajar banyak pengusaha kecil, menengah hingga pengusaha besar untuk menggunakan sosial media, berbagai macam jenis sosial media yang ada pemateri lebih menyinggung yakni sosial media Instagram. Sosial media Instagram sendiri banyak orang yang menggunakan dengan berbagai fungsi sebelum kita tahu fungsinya kita harus tahu terlebih dahulu apa itu Instagram, menurut Blanchard (2015) Instagram adalah aplikasi instant untuk photo sharing, sehingga proses dari mengambil foto hingga menguploadnya dirancang sederhana mungkin agar memberikan kecepatan akses. Selain itu dalam perkembangan waktunya Instagram saat ini selain untuk photo sharing juga digunakan media bisnis atau bisa disebut juga dengan kegiatan pemasaran usaha, dimana foto yang diupload bukan foto wajah atau diri kita melainkan foto product yang akan diperjualbelikan. Disinilah fungsi Instagram berjalan baik untuk kegiatan bisnis/ pemasaran usaha.

  1. Pertama fungsi follow dengan fungsi follow memungkinkan kita pengguna mengikuti atau berteman dengan pengguna lain yang kita anggap untuk diikuti, pengguna lain disini bisa diartikan user perseorangan atau calon pembeli produk yang kita Dengan banyaknya yang follow akun Instagram kita bisa atau dapat dipercaya dikarenakan jumlah pengikutnya banyak
  2. Kedua fungsi Like dengan adanya fungsi like disini sejauh mana foto atau gambar produk kita disukai oleh banyak orang yang termasuk disini adalah orang yang memfollow akun Instagram kita
  3. Ketiga fungsi komentar fungsi komentar disini bertujuan untuk memberikan kesimpulan dari hasil orang membeli produk kita atau bisa disebut juga testimoni, disini pembeli yang sudah membeli produk kita bisa komen positif terkait foto atau gambar produk yang kita upload, fungsi komentar sendiri bisa berisi tentang menanyakan produk tersebut kepada pemilik akun tersebut atau berkomentar yang positif dan membangun.
  4. Keempat fungsi mentions dimana fungsi tersebut berfungsi untuk pengguna lain bisa memberikan rekomendasi atau memanggil pengguna lain untuk bisa singgah akun Instagram kita guna untuk melihat akun kita atau membeli produk kita yang tawarkan di akun Instagram kita
  5. Kelima fungsi Direct Message fungsi direct message atau sering kita sebut dengan DM disini berguna untuk mengirimkan pesan kepada pengguna (yang memiliki akun) untuk menanyakan produk yang akan dibeli dan segera mendapat balasan dari akun kita, pesan disini bisa berisi menanyakan ketersediaan barang, menanyakan harga dsb.

Berbagai fungsi Instagram tersebut banyak kemudahan kita dalam penggunaannya bisa bertujuan eksplorasi diri atau untuk kegiatan pemasaran usaha, untuk itu pentingnya pengetahuan dasar tentang fungsi – fungsi Instagram agar kedepannya peserta pengabmas di MAN 1 Surakarta dapat memaksimalkan penggunaan Instagram dengan baik, penggunaan disini diarahkan untuk kegiatan pemasaran usaha. Dalam hal ini perwakilan dari pihak sekolah yang disini diwakilkan oleh Bapak Harno selaku Wakil Kepala Sekolah mengungkapkan terimakasih kepada tim Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Kusuma Husada Surakarta dalam memberikan sharing ilmu, pengalaman dan pengetahuan kepada peserta pengabdian khususnya di lingkungan MAN 1 Surakarta, besar harapannya dikemudian hari bisa terjalin kerjasama antara Universitas Kusuma Husada Surakarta khususnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan MAN 1 Surakarta untuk membantu mengembangkan jiwa dan perilaku bisnis kepada murid – murid di MAN 1 Surakarta melalui kegiatan ekstrakulikuler yang tersedia.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.